Rabu, 23 Mei 2012

Kerusakan No Sinyal

Assalamualaikum teman . .
kali ini saya akan menuliskan sebuah permasalah yang sering terjadi pada Handphone yang sering mati Sinyalnya. mungkin tulisan ini akan sedikit bermanfaat bagi teman-teman semua untuk sekedar mengetahui gejala-gejala yang muncul akibat kerusakan Sinyal. Okeh langsung belajar dah...

Gejala yang muncul:
  • Sinyal sama sekali tidak muncul pada layer handpone.
  • Sinyal ada, tetapi anehnya kita tidak dapat dihubungi.
  • Sinyal ada, tetapi anehnya kita tidak dapat menghubungi orang lain.
  • Sinyal pada layer HP terlihat naik turun dan terkadang sinyal sama sekali tidak ada.
Kasus ini harus dipecahkan langkah demi langkah:
  1. Periksa antena. bersihkan antenna tips dan pastikan telah terhubung dengan anntena. Gejala tidak ada sinyal seringkali juga karena HP terjatuh dan antenna tips tidak terhubung.
  2. Periksa IC Switch antena karena jika komponen ini rusak maka HP tidak dapat menerima dan mengirim data (RX/TX ). Coba anda pastikan dengan menggunakan Blower. jika tidak berhasil, coba ganti IC Switch antena.
  3. Periksa IC PA (Power Amplifier), kerusakan pada komponen ini, biasanya menyebabkan HP tidak dapat melakukan panggilan (TX), walaupun terkadang sinyal muncul pada layer LCD. jika belum yakin, panasi IC PA dengan Blower, jika belum berhasil ganti IC PA.
  4. Periksalah IC RF/Hagar, dimana komponen ini juga memegang peran penting dalam urusan sinyal karena dilalui baik jalur RX maupun TX.                                                                                            Pastikan IC Hagar (RF) ini, jika perlu ganti dengan yang baru.
  5. Panasilah IC Cobba (audio) dan jika belum berhasil, gantilah dengan yang baru.
  6. Panasilah IC Power dan ganti jika perlu. akan tetapi, masalah sinyal disebabkan IC power sangat jarang terjadi.
Mungkin itulah gejala-gejala yang timbul akibat kerusakan sinyal pada HP dan sedikit langkah untuk memperbaikinya yang saya kutip dari buku: LY Bambang. Tip & Trik memperbaiki Telepon Seluler, Yogyakarta, C.V Andi Offset, 2007. 



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Kerusakan No Sinyal"

Posting Komentar